Kamis, 16 Februari 2012

Apa itu Teknologi QuickPath Interconnect Intel ?

 


Sejak awal, CPU Intel menggunakaneksternal bus yang dikenal dengan nama Front Side Bus (FSB), yang terbagiantara memory dan I/O request. Generasi selanjutnya dari CPU Intel memiliki memorycontroller tertanam (embed), yang menyediakan dua bus eksternal. Bus baru inibernama QuickPath Interconnect (QPI).

Secara teknis, QPI sesungguhnya bukanlah bus, melainkan koneksipoint-to-point. Bus adalah satu set kawat (kabel) yang memungkinkan beberapakomponen terhubung pada saat yang bersamaan, sementara koneksi point-to-pointadalah jalur yang menghubungkan dua perangkat saja. Meski secara teknispenyebutan bus tidak tepat, dalam artikel  kali ini kita akan tetapmenggunakannya semata-mata untuk memudahkan pemahaman.



ApaItu QPI?

QPI menyediakan dua jalur terpisah untuk komunikasi antara CPUdan chipset.  Hal ini memungkinkan CPU untuk mengirimkan (menulis), danmenerima (membaca) data I/O pada saat yang bersamaan (secara paralel). Padaarsitektur tradisional yang menggunakan satu bus eksternal, operasi input danoutput tidak dapat dilakukan pada saat yang bersamaan.

Setiap jalur mentransfer data 20-bitdalam satu waktu. Dari 20-bit ini, 16-bit digunakan untuk data, dan sisanya –bit digunakan untuk mengoreksi kode yang disebut dengan CRC (CyclicalRedundancy Check), yang memungkinkan penerima (receiver) untuk memeriksakeutuhan data yang diterima.

Versi pertama dari QPIbekerja dengan clock rate 3,2 GHz, yang mentransfer data dua per siklus (sebuahteknik yang disebut DDR, Double Data Rate). Hal ini membuat bus seolah-olahbekerja dengan clock rate 6,4 GHz (Intel menggunakan satuan GT/ s, yang berartigiga transfers per second). Karena 16-bit yang dikirim dalam satu waktu, secarateori terdapat transfer rate 12,8 GB/s pada setiap jalur (6,4 GHz x 16 bit/8).

Banyak orang mengatakan bahwa secarateori, QPI memiliki transfer rate maksimum 25,6 GB/s hanya denganmenjumlahkan transfer rate maksimum kedua jalur. Penyederhanaan seperti initentu saja tidak tepat; sama halnya dengan mengatakan bahwa laju maksimumkendaraan di jalan dalam kota adalah 80 km per jam, hanya karena terdapat duaarah jalan dengan batas kecepatan 40 km per jam di setiap arah.

FSBvs QPI

Jadi, dibandingkan dengan FSB, QPImentransfer lebih sedikit bit per siklus, tetapi bekerja pada clock rate yangjauh lebih tinggi. Saat ini, FSB tercepat yang tersedia pada processor Inteladalah 1600 MHz (sebenarnya 400 MHz yang mentransfer empat data per siklus; QPIbekerja dengan clock delapan kali lebih tinggi), yang secara teori memilikitransfer rate maksimum 12,8 GB/s, sama seperti QPI.

Meski demikian, QPImenawarkan 12,8 GB/s pada setiap arah, sementara FSB 1600 MHz menyediakanbandwidth untuk kedua operasi (membaca dan menulis), yang keduanya tidak dapatdijalankan pada saat yang bersamaan. Selain itu, karena FSB mentransfer keduamemory dan I/O request, selalu ada lebih banyak data yang ditransfer pada busini dibandingkan dengan QPI yang hanya membawa I/O request.

Turun ke transmisi listrik, setiapbit yang ditransfer menggunakan pasangan diferensial pasangan (differentialpair). Jadi, untuk setiap bit digunakan dua kawat. QPI menggunakan total 84kabel (termasuk kedua jalur), yang kira-kira setengah jumlah kawat yangdigunakan pada FSB CPU Intel saat ini (150 kawat). Jadi, keuntungan ketiga dariQPI dibandingkan FSB adalah penggunaan kabel yang lebih sedikit.

Keuntungan pertama dan kedua,seperti yang telah dijelaskan di bagian awal artikel ini, pertama adalah jalurdata yang terpisah untuk memory dan I/O request, dan kedua adalah pemisahan jalurdata untuk membaca dan menulis.


Sumber : Tabloid PC MILD

1 komentar: