Senin, 25 April 2011

Apa Itu Hyper-Threading ?


Pengertian Teknologi Hyper-Threading

     Hyper-Threading (HT) atau Hyper-Threading Technology(HTT). Adalah teknologi yang dikembangkan oleh Intel selaku perusahaan Processor . Hyper-Threading merupakan pengembangan dari teknologi super –threading yang sebelumnya pernah diterapkan pada  processor server Xeon, yang kemudian sekarang diterapkan pada varian processor Pentium 4 dan varian Core i Processor.  Teknologi Hyper-Threading memungkinkan sebuah single processor menjadi seolah-olah memiliki 2 processor (2 ‘Logical’Processor) didalam sistem operasi.

     Processor dibuat dari bagian-bagian yang sangat kecil.dalam suatu waktu terkadang ada beberapa komponen dalam processor  yang terpakai untuk memproses eksekusi dan ada beberapa komponen yang menunggu instruksi eksekusi. Teknologi Hyper-Threading memungkinkan setiap bagian-bagian komponen dalam processor  terpakai (tidak ada yang menganggur), sehingga bisa digunakan untuk mengeksekusi proses lain secara bersamaan. Jadi inilah yang membuat seolah-olah processor dengan teknologi Hyper-threading terlihat memiliki 2 processor .


  Gambar : Cara kerja Teknologi Hyper-Threading

    Dengan dua buah processor yang dikenali oleh sistem operasi, kerja sistem dalam melakukan eksekusi setiap thread pun akan lebih efisien dan cepat,  meskipun sistem operasi bersifat multitasking, sistem operasi akan melakukan eksekusi terhadap proses secara sekuensial (berurutan), dengan algoritma antrean yang disebut dengan dispatching algorithm.
Teknologi Hyper-threading ini bisa diterapkan jika sistem operasi tersebut mendukung teknologi tersebut, seperti Windows NT, Windows 2000, Windows XP Professional, Windows Vista, Windows 7 dan GNU/Linux.











Gambar : Hyper-Threading Processor





Sumber : Wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar